Text
Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan
Pendidikan merupakan proses yang kompleks karena merupakan upaya terencana, sistematis, terstruktur dan bertujuan untuk menumbuhkembangkan, mengelola, membina, mengarahkan, dan mengubah manusia yang merupakan makhluk multidimensi ke arah kesempurnaannya. Dalam keseluruhan prosesnya, pendidikan berkutat dengan manusia yang sekaligus adalah makhluk fisik-psikis, jasmani-rohani, tubuh-jiwa, yang memiliki potensi insani dalam bentuk kecerdasan intelektual, emosional, kultural, spiritual, dan rangkaian kecerdasan jamak lainnya. Oleh karena itu, pendidikan semestinya dimaknai, dieksplorasi, dan dihayati secara mendalam untuk mendapatkan pemahaman holistik integratif terkait dengan proses memanusiakan manusia yang menjadi tujuan utamanya. Ini penting ditekankan karena tidak pernah mudah menjadi manusia, apalagi yang manusiawi.
Sayangnya, selama ini penelitian pendidikan sebagai upaya sistematis dan terukur untuk memahami, mencaritemukan masalah-masalah, dan solusi pendidikan didominasi oleh paradigma positivisme yang berwujud penelitian kuantitatif. Tidak ada salahnya menggunakan penelitian kuantitatif dalam ranah pendidikan. Namun, kini telah muncul dan berkembang kesadaran bahwa tidak ada metode penelitian super. Setiap metode penelitian memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, pilihan untuk menggunakan metode penelitian sepenuhnya ditentukan oleh tujuan dan masalah penelitian.
Dalam kerangka pikir seperti itulah penelitian kualitatif pendidikan ini dikedepankan. Karena penelitian kualitatif memiliki tujuan untuk memahami dan mengeksplorasi secara mendalam dan empatis proses, aktivitas, pola-pola, model, prosedur, kultur, pendekatan, metode, strategi, penilaian dan evaluasi serta berbagai keragaman dalam ranah pendidikan. Dengan demikian, proses pendidikan yang kompleks yang berkutat dengan manusia yang bersifat holistik-integratif lebih dapat dipahami dan dihayati secara mendalam dan empatis. Sehingga para mahasiswa, aktivis, pengambil kebijakan dan pemerhati pendidikan yang menggunakan penelitian kualitatif, tidak sekadar mendapatkan pemahaman konseptual-teoretis tentang pendidikan, tetapi juga merasakan dan menghayati pemahaman eksperensial. Karena mengalami sendiri dan terlibat langsung dalam proses pendidikan yang sedang ditelitinya
003572 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain